Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar dengan harmonisasi guru dan orang tua peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang terdiri dari 2 variabel yaitu variabel X (Harmonisasi Guru dan Orang tua peserta didik) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Tehnik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi dan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 277 orang. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa dengan pengambilan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara Prestasi belajar ditinjau dari harmonisasi guru dengan orang tua peserta didik. Hasil pengujian persamaan regresi Yˆ= 52.57+0,18X, menunjukkan bahwa, setiap kenaikan satu unit skor harmonisasi guru dengan orang tua peserta didik dapat menaikkan skor prestasi belajar.
Copyrights © 2021