Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA siswa. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 di SDN wilayah Kemayoran Jakarta Pusat. Sampel diambil dengan tehnik proporsional random sampling. Hipotesis Penelitian diuji dengan analisis korelasi dan regresi. Sebelumnya dilakukan uji data dengan uji normalitas, uji homoginitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas sebagai prasyarat. Hasil Penelitian menyimpulkan, yakni (1) diperoleh hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,258 dengan nilai R square sebesar 0,081. (2) diperoleh hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,479 dengan nilai R square sebesar 0,229 (3) diperoleh hubungan antara konsep diri dan kemampuan berpikir kritis secara serentak dengan hasil belajar IPA dengan nilai R sebesar 0,492 dengan nilai R square 0,242. Dengan demikian, dapat disimpulkan yakni hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis pilihan (Ha) yang berbunyi diperoleh hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan berfikir kritis secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD di wilayah Kemayoran Jakarta Pusat diterima.
Copyrights © 2022