Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies
Vol 39, No 1 (2001)

The Curriculum of Islamic Studies in Traditional and Modern Dayahs In Aceh: A Comparative Study.

Mohammad AR (UIN Ar-Raniry Banda Aceh.)



Article Info

Publish Date
19 May 2022

Abstract

Paper ini membandingkan kurikulum keilmuan Islam yang diterapkan pada sekolah-sekolah agama Islam di Aceh, terkenal dengan sebutan Dayah, yang masih tradisional dan modern. Hal ini dianggap penting, karena Aceh adalah institusi pendidikan yang paling tua dan dominan di Aceh, sehingga perubahan dan perkembangan kurikulum keilmuan Islam di Aceh dinilai akan berpengaruh terhadap perkambangan keilmuan keislaman dii Indonesia secara umum. Dalam melakukan studi ini, penulis melakukan observasi secara langsung pada Dayah-dayah tradisonal dan modern, selain juga mempelajari dokumen-dokumen dan buku-buku yang memuat informasi mengenai masalah yang dibahas. Sesuai dengan perkembangan zaman, di Aceh telah muncul Dayah-dayah  baru yang menerapkan kurikulum yang berbeda dengan yang selama ini diterapkan dalam Dayah yang masih dikelola secara tradisional. Ilmu-ilmu yang secara tidak langsung berkaitan dengan teks-teks ajaran Islam, seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosal, bahasa asing (selain bahasa Arab) mulai diajarkan di Dayah modern. Selain perbedaan kurikulum, perbedaan lain juga ditemukan pada sisi menejemen dan pengelolaan Dayah secara umum.

Copyrights © 2001






Journal Info

Abbrev

AJIS

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Al-Jamiah invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islam, Muslim society, and other religions which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of law, philosophy, mysticism, history, art, ...