Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 1 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TUGU JOGJA

Rina Febriana (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Ayu Kurniasih (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Evitri Setiyaningsih (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)
Oktaviana Putri Maharani (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Adanya pengaruh modernisasi dalam iklim globalisasi saat ini yang memiliki dampak buruk dengan terkikisnya nilai budaya luhur bangsa Indonesia, sehingga akibatnya Indonesia saat ini mengalami krisis jati diri bangsa walaupun Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan keanekaragaman budaya. namun dengan adanya pengaruh ini membuat keanekaragaman menjadi dilupakan sehingga anak muda zaman sekarang kurang tahu menahu dengan arti budaya saat ini, dengan demikian kita dapat menjembatani antara budaya dengan pendidikan khusus mata pelajaran matematika etnomatika maka perlu dirancang bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik budaya dan pembelajaran matematika yang berbasis etnomatika Tugu Jogja di dalam etnomatika Tugu Jogja ini Terdapat beberapa ornamen bangunan yang memvisualisasi nyata dari geometri ( bangun ruang).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...