Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Eksakta
Vol. 1 No. 2 (2022): Maret

Analisa Kualitas Layanan Dalam Pengukuran Kepuasan Konsumen Dengan Metode IPA (ImportancePerformance Analysis) Pada UD Mulya Jaya Jember

Achmad Hilmi Azisi (Universitas Muhammadiyah Jember)
Feti Fatimah (Universitas Muhammadiyah Jember)
Yohanes Gunawan Wibowo (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Perkembangan bisnis industri di indonesia saat ini semakin meningkat menunjukan adanya persaingan yang semakin ketat. Pemasaran yang baik dapat diharapkan mempengaruhi kepuasan konsumen, kepuasan konsumen ysng di lakukan konsen mengimplikasikan keyakinan konsumen terhadap tindakan dalam mumutuskan suatu produk yang akan di gunakan. Analisa kualitas layanan sebagai pengukur kepuasan konsumen pada UD. Mulya jaya si sukorambi jember dengan metode IPA. Bertujuan untuk mengetahui atribut kualitas pelayanan yang menentukan kepuasan pelanggan . Jenis penelitian ini deskripsi kuantiftatif. Populasi dalaam penelitian ini adalah pelanggan UD. Mulya jaya sukorambi jember dan sampel yang di gunakan berjumlah sebanyak 75 responden , dan menggunakan alat analisis IPA (importence performanc analisis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil anlisa menggunakan metode IPA yakni terdapat 3 atribut pelayanan yang termasuk dalam kuadran 1 yang artinya ada 3 atribut pelayanan yang harus di prioritaskan untuk di tingkatkan karena kinerja atribut pelayanan tersebut kurang memuasakan pelanggan dan oleh pelanggan di anggap penting.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trilogi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini Merupakan jurnal Ilmiah yang di kelola oleh Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jember (Merah Maroon Isntitute) dan di terbitkan oleh Penerbit Jurnal Indonesia. Jurnal Ini pertama kali di terbitkan pada bulan September 2021. Harap baca pedoman ini dengan cermat. ...