Jurnal Amanah Kesehatan
Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Amanah Kesehatan

Gambaran Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Madina Bukittinggi

Meisy Rahmadhani (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Yasherly Bachri (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Rantih Fadylya Adri (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Erpidawati (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Elsi Susanti (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Kualitas Pelayanan Keperawatan yang kurang baik dapat dikeluhkan oleh pasien sebagai penerima tindakan keperawatan. Hal ini dapat menjadi gambaran tingkat keberhasilan pelayanan sebuah rumah sakit, yang secara tidak langsung menggambarkan kemampuan perawat dalam menerapkan standar keperawatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel yang digunakan menggunakan random sampling dengan jumlah besar sampel 24 responden. Analisis data yang dilakukan adalah univariat dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan penilaian kinerja berdasarkan aspek prilaku dengan kategori amat baik sebesar 88%, aspek kemampuan professional berkategori amat baik sebesar 79% dan aspek proses keperawatan berkategorikan amat baik sebesar 79%.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ditemukan bahwa secara keseluruhan perawat memiliki kualitas pelayanan yang amat baik. Sarannya dari hasil penelitian ini rumah sakit dapat memberikan kebijakan mengenai penambahan pelatihan terkait aspek-aspek dari kualitas pelayanan keperawatan tersebut agar perawat dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi sehingga dapat memberikan mutu pelayanan keperawatan yang berkualitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAK

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Amanah Kesehatan ini meliputi banyak Literatur, Artikel Penelitian dan Studi Kasus yang akan fokus pada bidang ILMU KEBIDANAN DAN ILMU ...