Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 4 No. 2 (2021): July

Validitas Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Dwi Aprilia Heni Putri (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)
Heffi Alberida (Universitas Negeri Padang)
Relsas Yogica (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, pada masa pandemi guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi pembelajaran, karena materi yang banyak dengan waktu yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan menghasilkan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang sudah teruji validitasnya pada materi sel kelas XI SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan Biologi dan satu orang guru Biologi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode pencatatan dokumen berupa angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo pada materi sel yang divalidasi oleh dosen dan guru dari segi kelayakan isi media diperoleh dengan nilai rata-rata 90 digolongkan ke dalam kriteria sangat valid. Diperoleh nilai rata-rata 90 dalam kategori sangat valid pada aspek kebahasaan. Ditinjau dari aspek kelayakan sajian didapatkan nilai rata-rata 93,05 dengan kriteria sangat valid, pada aspek kelayakan kegrafikan diperoleh nilai 90,27 dengan kriteria sangat valid. Rata-rata nilai validasi yang diperoleh yaitu 90,83 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ­e-learning berbasis edmodo pada materi sel dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...