TEKNOKOM : Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer
Vol. 1 No. 1 (2018): TEKNOKOM

PERANCANGAN ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MENGGUNAKAN TOGAF-ADM (Studi Kasus : Universitas Wiralodra Indramayu)

Darsanto (Universitas Wiralodra)
Zacky Zulkarnain (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Penerapan teknologi sistem informasi pada organisasi atau perusahaan tidaklah mudah untuk dilakukan. Perlunya perencanaan yang baik, kerjasama antar elemen yang kompak, keinginan berubah yang kuat serta sesuai dengan visi dan misi dari organisasi agar bisa diterapkan. Salah satu strategi yang penting dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi adalah pemanfaatan dan peningkatan dukungan sistem informasi bagi enterprise. Penerapan strategi ini mengemban misi pada sistem informasi yang pemenuhannya memerlukan keterpaduan arah dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian yang selaras dengan strategi bisnis enterprise. Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) melakukan aktivitas organisasinya selalu mengarah kepada kepuasan para pengguna jasa pendidikan disetiap Program Studi yang berada dalam naungan Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) sesuai dengan visi dan misi. Untuk mendukung aktivitas tersebut maka diperlukan sebuah paradigma dalam merencanakan, merancang dan mengelola sistem informasi yang disebut dengan arsitektur enterprise. Arsitektur enterprise merupakan suatu upaya dalam memandang elemen-elemen yang berbeda dalam suatu organisasi atau enterprise secara keseluruhan sebagai satu kesatuan. Metodologi yang digunakan arsitektur enterprise yang terintegrasi pada Universitas Wiralodra Indramayu (Unwir) menggunakan TOGAF-ADM. Tahapan dalam perencanaan arsitektur enterprise yang terintegrasi dengan memodelkan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologiĀ  sesuai dengan kerangka kerja TOGAF-ADM. Tahapan ini akan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang terintegrasi yang dapat dijadikan sebagai acuan cetak biru (blue print) oleh lembaga untuk mencapai tujuan strategis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

teknokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer (TEKNOKOM) with frequency 2 (two) times a year, ie in March and September. The editors receive scientific writings from lecturers, teachers and educational observers about the results of research, scientific studies and analysis and problem solving ...