Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SELF DIRECT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MELAKUKAN PRAKTIKUM MATERI SISTEM PENCERNAAN

Wahyuni, Endang Tri ( SMA Negeri Karangpandan, Kabupaten Karanganyar)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2014

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah  mengetahui cara melaksanakan pembelajaran kontekstual dengan metode self direct dalam kegiatan praktikum dan mengetahui peningkatan ketrampilan siswa dalam melakukan praktikum konsep Sistem Pencernaan bagi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), sebanyak dua putaran berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri Karangpandan. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan metode Self Direct memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat ketuntasan belajar meningkat dari siklus I dan  II yaitu masing-masing 80,55%, 86,11%, dan  Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran kontekstual dengan Metode Self Direct memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan beberapa siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa mereka tertarik dan senang dengan pembelajaran kontekstual dengan Metode Self Direct sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.  

Copyrights © 2014