Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat

Penggunaan Media Matras Listrik untuk Mengasah Kecerdasan Psikomotorik bagi Siswa TK Pertiwi Desa Sekaran

Anis Umi Khoirotunnisa (IKIP PGRI BOJONEGORO)
Novi Mayasari (IKIP PGRI Bojonegoro)
Nella Chandra Puspita (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Media Matras LISTRIK (Literasi Sensori dan Motorik) merupakan suatu media permainan sekaligus media belajar yang diperuntukkan bagi siswa di tingkat pendidikan usia dini baik PAUD ataupun TK. Media Matras listrik ini di desain dengan kombinasi dari permainan melompat, berputar, menebak warna yang dalam gambarnya mengkombinasikan unsur angka dan huruf. Sesuai dengan nama Listrik yaitu sensori dan motorik maka desain dalam matras ini meliputi huruf abjad yang disusun dengan desain khusus untuk mampu menarik siswa, selain itu ditambahakan pula beberapa aksen untuk bermain anak. Psikomotorik merupakan ruang dimana yang memiliki keterkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan berbuat atau menghasilkan suatu pola setelah seseorang menerima pengalaman belajar baik secara formal maupun latihan mandiri. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan tahapan selanjutnya setelah kemampuan kongnitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak ketika sebuah perilaku menjadi kebiasaan dalam diri seseorang). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan kegiatan olah fisik, misalnya berlari, melompat ditempat, melukis, menari, mengayunkan anggota tangan dan kaki, dan sebagainya. Berdasarkan hasil kegiatan Pengabdian yang melibatkan siswa TK di desa sekaran yang telah dilakukan, anak-anak TK Pertiwi sangat antusias saat bermain mengikuti prosedur dalam permainan matras listrik. Selain itu, para guru di TK Pertiwi juga antusias mengarahkan siswanya untuk mencoba permainan, menyebutkan dengan keras huruf dan angka yang tersaji di media matras listrik. Hal ini menjadi indicator keberhasilan dimana siswa belajar dengan cara bersenang-senang melalui kemasan bermain, juga guru dapat berinovasi dengan memodifikasi media serupa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...