Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif

PERANAN KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK, DAN PENERAPAN E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA

Dikdik Harjadi (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh bukti pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan penerapan e-samsat terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor roda dua. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 responden dengan penentuan sampel adalah metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Terdapat beberapa metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini diantaranya adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistika deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan penerapan e-samsat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor roda dua di Kabupaten Kuningan. Kata Kunci : Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Penerapan E-Samsat, Kepatuhan Wajib Pajak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...