JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Vol 7, No 1 (2022): Makro Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan

PERANAN PERUSAHAAN SOUNDTRUST CONSULTANCY PTE. LTD. SEBAGAI DISTRIBUTION CHANNEL LAYANAN KREDIT

Immanuel Zai (Universitas Internasional Batam)
Angelina Valensia (Universitas Internasional Batam)
Angelina Goh (Universitas Internasional Batam)
Ria Hartoko (Universitas Internasional Batam)
Yogi Rizky (Universitas Internasional Batam)
Zulfiniar Nur Karimah (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
23 May 2022

Abstract

Distribution channel saat ini aktivitasnya tidak hanya terpaku pada penyaluran produk atau barang secara fisik. Saat ini distribution channel sudah merambah pada penyaluran jasa atau layanan sepertihalnya brokerage firm Soundtrust Consultancy. Penelitian ini membahas kegiatan perusahaan Sountrust Consultancy yang menjadi distribution channel bagi bank umum, BPR dan lembaga penyedia dana pinjaman atau kreditur lainnya untuk menyalurkan produk atau layanan pinjaman kepada para calon klien debitur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan menggunakan data primer yang berasal dari hasil wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan dinyatakan bahwa pemilihan perusahaan brokerage firm sebagai distribution channel layanan kredit memberikan berbagai manfaat dari sisi efektivitas penyaluran jasa dan efisiensi biaya baik bagi kreditur maupun pihak debitur. Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan bagi distribution channel seperti halnya Soundtrust Consultancy diantaranya faktor kapabilitas, faktor biaya dan fairness in transaction agar pihak kreditur, pihak debitur maupun pihak channel distribution yang menjembatani dalam transaksi bisa saling memberikan manfaat dan keuntungan serta agar transaksi yang dilakukan bisa berjalan dengan efektif, efisien dan adil tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

Copyrights © 2022