Jurnal Pendidikan Sendratasik
Vol 5 No 1 (2017)

PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI, MANDIRI DAN SEMANGAT KEBANGSAAN DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SDLB A-YPAB SURABAYA

KURNIA WANTIKA SARI (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2017

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini adalah siswa di SDLB A YPAB Surabaya memiliki siswa yang kategori siswa tuna netra dan ketunaan lainnya seperti tuna daksa dan autis. Siswa dengan memiliki ketunaan tersebutlah yang tidak dapat mengendalikan emosi dan karakter yang harus dibentuk sekolah melalui pembelajaran sekolah. Melalui pembelajaran seni musik mampu memberikan peranan karakter percaya diri, mandiri dan semangat kebangsaan yang diperngaruhi beberapa faktor dalam setiap proses pembelajaran Melalui pembelajaran seni musik salah satu mampu memberikan peranan karakter percaya diri, mandiri dan semangat kebangsaan yang dipengaruhi beberapa faktor dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeksripsikan pembelajaran seni musik dan penerapan pendidikan karakter percaya diri, mandiri dan semangat kebangsaan dalam pembelajaran seni musik di SDLB A YPAB Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Obyek penelitian ini adalah aktivitas kegiatan pembelajaran seni musik kelas V di SDLB A YPAB Surabaya. Hasil penelitan ini, menunjukan proses pelaksanaan seni musik pada kelas V di SDLB A YPAB yaitu terdapat komponen pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat belajar, sumber belajar, evaluasi dan rangkaian proses kegiatan pembelajaran meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil proses penerapan karakter percaya diri melalui pembelajaran seni musik kelas V di SDLB A YPAB Surabaya jumlah skor indikator 292 dengan persentase 70.25 %. Hasil proses penerapan karakter mandiri melalui pembelajaran seni musik kelas V di SDLB A YPAB Surabaya jumlah skor indikator 281 dengan memperoleh persentase 73.25 %. Pada Hasil proses penerapan karakter semangat kebangsaan jumlah skor indikator 294 dengan persentase 73,5 %. Ketiga penerapan karakter pada pembelajaran seni musik memperoleh kriteria cukup baik dalam melaksanakan penerapan karakter.Kata kunci: pembelajaran seni musik, percaya diri, mandiri, semangat kebangsaan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-sendratasik

Publisher

Subject

Arts Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Sendratasik is a scientific journal that presents research-based articles or literature studies in realm of performing art education, includes theatre, dance, and music. Expert editors receive theatre, dance, or music education manuscripts from students, teachers, lecturers, ...