Wave: Jurnal Ilmiah Teknologi Maritim
Vol. 11 No. 1 (2017)

Kajian Penerapan Aturan Klasifikasi Pada Laminasi Struktur Konstruksi Lambung Kapal Ikan Fiberglass 3 GT

Ismail Marzuki (Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Produksi dan Material Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS))
Achmad Zubaydi (Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Produksi dan Material Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS))
Buana Ma'ruf (Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2017

Abstract

Material fiberglass masih menjadi alternatif dalam pembuatan kapal di Indonesia, hal ini terlihat dari banyaknya kapal ikan berbahan fiberglass pesanan KKP pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjaun sejauh mana penerapan aturan klasisfikasi pada proses produksi pembangunan kapal ikan 3 GT dengan melakukan pengujian kuat tarik dan kuat tekuk terhadap spesimen laminasi kapal ikan FRP 3 GT yang diambil dari dua galangan yang sedang membangun kapal ikan pesanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2016, dimana proses pembangunannya mengacu pada persyaratan pengujian dalam Biro Klasikasi Indonesia (BKI) tahun 2015, yang memakai International Standard (ISO) 527-4 (1997) untuk uji tarik, dan ISO 14125 (1998) untuk uji bending. Spesimen yang akan di uji masing-masing diambil dari bagian lunas (keel), alas (bottom) dan sisi (side). Secara keseluruhan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mengevaluasi dari laminasi struktur konstruksi yang pada penerapanya tidak memenuhi dari aturan klasifiaksi dan juga memeberikan alterbatif susunan laminasi optimal untuk diterapkan dalam pembangunan kapal ikan 3 GT berbahan fiberglass. Penelitian ini juga nantinya dapat berkonstribusi dalam penyususnan standarisasi untuk kapal-kapal fiber berukuran kecil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalwave

Publisher

Subject

Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences

Description

Merupakan jurnal ilmiah nasional yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2007 dengan tujuan sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, hasil pengkajian maupun hasil penerapan teknologi bagi para perekayasa, peneliti, dosen maupun mahasiswa di bidang teknologi kemaritiman pada umumnya. ...