Journal of Biology Education
Vol 3, No 1 (2020): Journal Of Biology Education

Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Self Regulation Biologi Kelas XI : Pengaruh Model Auditory, Intellectually dan Repatition (AUDI-IR)

Nukhbatul Bidayati Haka (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Vanny Dhea Pratiwi (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Bambang Sri Anggoro (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)
Abdul Hamid (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG)



Article Info

Publish Date
20 May 2020

Abstract

Hasil pembelajaran biologi yang belum tercapai secara baik dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir siswa. Pembelajaran secara umum belum melibatkan laboratory skills, terjadinya passive learning, kurangnya interaksi antar siswa, pembelajaran jarang melibatkan learning society, penilaian masi bersifat sporadic yang jarang menilai secara utuh baik keterampilan proses, self regulation, maupun kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repatition terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Self Regulation pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest dan posttest control group design, dengan teknik sampling Teknik acak kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI di SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang diterapkan dikelas kontrol (XI MIA2)  dan eksperimen (XI MIA3) pada materi sistem pencernaan tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian menggunakan tes dan lembar observasi keterampilan proses sains, angket Self Regulation. Analisis data menggunakan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai ngain KPS kelas kontrol 0.45 (sedang) dan kelas eksperimen 0.67 (sedang), sedangkan nilai ngain self regulation kelas kontrol 0.36 (sedang), dan kelas eksperimen 0.52 (sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sig. 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, dan Repatition terhadap keterampilan proses sains dan self regulation pada kelas XI.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

Journal Of Biology Education (JOBE) has number of E-ISSN 2656-3436/ P-ISSN 2615-3947 publishes research articles, conceptual articles, reports field studies, the best practices and policies of early childhood learning in national and international stage (See Focus and Scope). The articles of this ...