Jurnal Abdimas Sang Buana
Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Abdimas Sang Buana - Mei

DIGITALISASI PEMASARAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA

Novi Mardiana (Universitas Sangga Buana)
Ade Geovania Azwar (Universitas Sangga Buana)
Lina Nurhayati (Universitas Sangga Buana)
Nurwathi Nurwathi (Universitas Sangga Buana)
Wisnu Wijaya (Universitas Sangga Buana)
Ahmad Munandar (Universitas Sangga Buana)
Inayati Nasrudin (Universitas Sangga Buana)
Dyah Kusumastuti (Unknown)
Sofiani Nalwin Nurbani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa menghadapi tantangan besar akibat pandemi Covid-19 dan kemajuan teknologi yang tak terelakkan. Desa Dayeuhmanggung di Kabupaten Garut sebagai salah satu sentra UMKM di Jawa Barat adalah salah satu pihak yang terkena dampak gelombang Covid-19 yang melanda dunia dan bermunculannya marketplace online. Pandemi memaksa pelaku UMKM memiliki keterbatasan dalam pemasaran produk-produknya karena adanya penutupan tempat-tempat wisata di Kabupaten Garut yang menjadi tempat pemasaran produk secara langsung. Keterbatasan pengetahuan tentang kemajuan teknologi juga membuat pelaku UMKM kesulitan untuk memperluas pangsa pasar. Dalam rangka mendorong UMKM Desa Dayeuhmanggung untuk bangkit, bertahan dan lebih maju, diperlukan terobosan dalam pemasaran produk-produk UMKM dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Digitalisasi pemasaran produk UMKM yang dilakukan melalui pengembangan website pemasaran desa adalah salah satu solusi yang dapat diambil pelaku UMKM. Website pemasaran akan dikelola oleh pelaku UMKM setelah rangkaian kegiatan PKM selesai dilaksanakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Abdimas_Sang_Buana

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Sang Buana (p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan Mei - bulan November) yang mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan ...