AVICENNA
Vol. 15 No. 3 (2020): Jurnal Ilmiah Avicenna

HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD Dr. M. YUNUS PROVINSI BENGKULU

Oktarianita Oktarianita (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
henni Febriawati (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Deni Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2021

Abstract

Bertambahnya Rumah sakit di Bengkulu dapat menyebabkan persaingan semakin ketat. Jumlah pasien rawat jalan dari tahun 2017 ke tahun 2018 mengalami kenaikkan sebesar 8,6%. Keberhasilan dari RSUD Dr. M. Yunus tidak lepas dari kombinasi bauran pemasaran 4P, Product, Price Place, dan Promotion. Jenis penelitian Cross Sectional dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu pada bulan Juli -Agustus 2019 Jumlah Sampel dalam penelitian adalah 166 pasien rawat jalan, teknik pengambilan sampel mengunakan uji beda dua proposi. Analisi data dengan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien, dengan Product baik 78 (47%), kurang baik 88 (53,0%) Price baik 83 (50%), kurang baik 83 (50,0%), Place baik 77 (46%), kurang baik 89 (53,6%) dan Promotion baik 70 (42%), kurang baik 96 (57,8%). Disarankan kepada RSUD Dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu, rutin melakukan promosi mengenai fasilitas yang disediakan rumah sakit sehingga pasien lebih mengetahui fasilitas yang terrsedia di RSUD Dr. M. Yunus. Meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan, perawat, dan dokter sehingga pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

avicena

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Jurnal AVICENNA is a journal published by the Public Health Department, Faculty of Health Science, University of Muhammadiyah Bengkulu since 2006 (the previous version can be seen in the AVCN OLD icon). This journal containing writings that are based on the results of research in the fields of ...