Jambura Physics Journal
Vol 2, No 2 (2020): October 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS VII6 SMP NEGERI 1 TELAGA

Jihan Olii (Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Gorontalo)
Ritin Uloli (Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Haris Odja (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII6 SMP Negeri 1 Telaga yang diajarkan kepada 34 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam penelitian ini diperoleh pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 59% termasuk kategori tidak kritis. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus 1 belum mencapai ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa, dengan dilakukan tindakan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 80% dengan kategori sangat kritis. Dan untuk hasil analisis data aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus II telah mencapai peningkatan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpj

Publisher

Subject

Education Energy Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The Jambura Physics Journal (JPJ) is the official journal of Physics Department, Faculty Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo. JPJ is a peer-reviewed article publish articles twice a year in April and October. The research article submitted to this online journal will be ...