SUBULANA
Vol. 5 No. 2 (2022): Subulana March 2022

Relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’ Ulumuddin Dengan Pendidikan Karakter Kurikulum 2013

Moh Isbir (Dosen Pendidikan Agama Islam, STITMU Bangkalan)
Rizkiyah Mardiana (Pendidik SDN Batah Timur 3 Kwanyar Bangkalan)
Abd Haris (Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Pendidikan Islam merupakan sarana ideal untuk mengarahkan kehidupan ke arah yang lebih baik, karena di dalam pendidikan agama Islam hal yang lebih diutamakan sebelum belajar ilmu pengetahuan adalah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan relevansi konsep pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan pendidikan karakter kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualiatatif berupa library research dengan mengumpulkan data dari karya tulis ilmiah dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian yang didapat yaitu konsep pendidikan akhlak Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan konsep pendidikan karakter kurikulum 2013 cukup relevan sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam memperbaiki pendidikan akhlak di dunia pendidikan. Salah satu permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat ini, yakni merosotnya akhlak yang sangat mengkhawatirkan, lebih tepatnya, lembaga pendidikan di Indonesia masih berlomba-lomba meningkatkan kualitas intelektual sementara masalah akhlak dan moralitas masih dikesampingkan. Al-Ghazali merupakan tokoh legendaris yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu di bidang keagamaaan, hal ini dapat dilihat dari karya-karyanya yang fenomenal serta banyak dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian dan sarana perbaikan dalam dunia pendidikan. Simpulannya, hanya terdapat beberapa perbedaan antar konsep pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dengan konsep pendidikan karakter kurikulum 2013. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Ihya’ Ulumuddin, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...