Berdasarkan hasil survei peneliti terhadap mahasiswa PTI UM yang menempuh Praktek Kerja Lapangan (PKL) di beberapa SMK mengalami kesulitan dalam mengajar, khususnya pada SMK jurusan Multimedia. Oleh karena itu perlu dikaji dan diketahui seberapa besar relevansi kurikulum S1 PTI dengan kompetensi yang dibutuhkan di SMK jurusan Multimedia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil perhitungan, tingkat relevansi kurikulum S1 PTI UM dengan kompetensi SMK Jurusan Multimedia adalah tinggi atau sangat baik, yakni dengan hasil 72,5%. Masih terdapat 27,5% kompetensi yang belum sesuai, dan belum tersaji pada Kurikulum S1 PTI UM, kompetensi tersebut diantaranya animasi, fotografi, sistem komputer, dan penggunaan peralatan tata cahaya.
Copyrights © 2020