Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 4: Al Qalam (Juli 2022)

Penggunaan Virtual Reality Sebagai Sarana Edukasi Dalam Mengenal Kabah Bagi Siswa Kelas 1 SD

Paluvi Andyani (Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)
Nida Nur Majidah (Unknown)
Rizky Rindayanu Maulifia (Unknown)
Ani Nur Aeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2022

Abstract

Di era sekarang, sarana dan prasarana dalam bidang pendidikan sudah banyak yang melibatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran pun mau tak mau semakin beragam dan menyesuaikan dengan perkembangan yang sedang berlangsung. Dalam penelitian kali ini, peneliti memilih media pembelajaran berupa Virtual Reality berbentuk video 360 derajat yang akan dijadikan sebagai media edukasi untuk mengenal Kabah dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknologi Virtual Reality atau VR adalah teknologi yang menyajikan tampilan duni maya yang tampak seperti nyata, sehingga penggunanya seolah-olah merasakan apa yang mereka lihat secara asli dan nyata. Dari hasil observasi langsung yang telah dilakukan di SDN Cipetir 3, guru dan siswa kelas 1 SD di sana masih belum mengetahui apa itu VR. Namun setelah melakukan uji coba produk, didapat hasil bahwa Virtual Reality dalam bentuk video 360 derajat dapat dijadikan inovasi baru di bidang Pendidikan dalam memberikan pemahaman pada siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...