Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies).
Vol 1 No 1 (2020): Oktober

Signifikansi Pembelajaran Daring Berbasis E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah

Nurul Anam (Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Pembelajaran daring berbasis E-learning meupakan media pembelajaran elektronik berbasis Web (jaringan) atau TIK yang dibuat dengan prinsip dan metode tertentu sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran open sources yang menarik dan jelas (visibility). Fokus penelitian ini adalah signifikansi pembelajaran daring berbasis e-learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengna jenis library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signifikansi pembelajaran daring berbasis e-learning akan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik apabila sebelum penerapannya sudah melewati semua evaluasi dari pengembangan e-learning. Selain itu, aplikasi e-learning harus diarahkan dalam beberapa aspek penilaian, yaitu pada aspek: assessing reaction and attitude (menilai reaksi dan sikap peserta didik), assessing learning (menilai belajar peserta didik), assessing behavior change (menilai perubahan sikap peserta didik), dan assessing return on investment in business (menilai ketercapaian target). Key Words: Pembelajaran Daring, E-Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pai

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies). a Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education. Published twice a year in October and April. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Islamic Religious Education Study ...