Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 5, No 1 (2022): April

Pengaruh Minat Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Moch Taufik Iskandar (Universitas Terbuka)
Karta Sasmita (Universitas Terbuka)
Sri Tatminingsih (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Hasil belajar yang rendah dapat dipengaruhi oleh minat belajar dan efikasi diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhl minat belajar dan efikasi diril terhadap hasill belajar lIPS siswal kelasl V di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Adapun penelitian ini menggunakan desain penelitian survei pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruhl peserta didik kelasl V SD di wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengn jumlah 169 siswa dengan menggunakan teknik purposive lsampling sejumlah 157 peserta didik.  Pengambilan data menggunakan instrument non tes dan tes untuk mengukur hasil belajar IPS yang telah diujicobakan. Adapun analisis data penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian ini adalah pertama, terdapatl pengaruhl minat belajar terhadapl hasill belajar IPSl siswa kelasl V dil Kabupatenl Administrasi Kepulauan Seribu sebesar 63,7% dan sebesar 36,3% pengaruh berasal dari fackor lain. Kedua, terdapatl pengaruh efikasil diri terhadapl hasil belajarl IPSl siswa lkelas V dil Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebesar 67% dan sebesar 33% pengaruh berasal dari fakrot lain. Ketiga, terdapatl pengaruhl minat belajarl dan efikasil diri terhadapl hasil lbelajar IPSl siswa kelasl V dil Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebesar 79% dan sebesar 21% pengaruh sisanya berasal dari faktor lain. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi guru untuk dapat memperhatikan minat belajar dan efikasi diri guna menunjang pencapaian belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...