AbstractThis research described about character education aswaja based at the madrassa aliyah amsilati bangsri jepara.This study using the kind of qualitative. descriptive approachThe research is madrasah aliyah amsilati bangsri jepara.Data collection techniques using interviews, observation and documentation. While the data analysis techniques is interactive consisting of 3 components, data which is the reduction of the presentation of data and the withdrawal of. conclusionThis research result among others: first pembiasaan relegius.characterIt means, anak-anak in the neighborhood madrasah aliyah amsilati bangsri jepara has run nilai-nilai based character aswaja like: al-muj hadah, mahabatullah love of god And praise to god , mudarasatulqur an, which can maintain a harmony with the development of nation character as: character relegius , discipline , and friendly .Second, character education spirit nationality and love of the land water it means students dilingkungan madrasah aliyah amsilati bangsri have the nationality character that is a way of thinking , act , and insightful who puts the national interest and countries up our and the group.Keywords: character buildin, ahlusunnah wal jama’ahAbstrakPenelitian ini mendeskripsikan tentang pendidikan karakter berbasis aswaja di madrasah aliyah Amsilati Bangsri jepara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasipenelitianadalahmadrasah aliyah Amsilati Bangsri Jepara.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Antara lain : Pertama, pembiasaan karakter relegius. Artinya, anak-anak di lingkungan madrasah aliyah Amsilati Bangsri jepara telah menjalankan nilai-nilai karakter berbasis aswaja seperti: al-mujăhadah (mujahadah), mahabatullah (cinta Allah)dan memuji kepada Allah, mudarasatulqur’an (membaca al-Qur’an) yang memiliki keselarasan dengan pengembangan karakter bangsa seperti: karakter relegius, disiplin, dan bersahabat. Kedua, pendidikan karakter “semangat kebangsaan” dan “cinta tanah air” artinya anak didik dilingkungan madrasah aliyah Amsilati Bangsri memilki karakter kebangsaan yaitu cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dankelompoknya.Kata kunci: pendidikan karakter, ahlusunnah wal jama’ah
Copyrights © 2021