JURNAL PENDIDIKAN, SAINS DAN TEKNOLOGI
Vol 9 No 2 (2022)

PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DIBA (DZIKIR INDAH BERSAMA ASMAULHUSNA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ASMAULHUSNA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Nofita Amaliahrahma Miftah (Unknown)
Ghazia Rahmi Sahid (Unknown)
Vina Syalfirah (Unknown)
Ani Nur Aeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Perkembangan teknologi telah banyak perpengaruh hampir kepada semua bidang kehidupan manusia, salah satunya bidang Pendidikan. Motivasi belajar peserta didik yang kian hari kian menurun karena bosan dengan metode pembelajaran konvensional tentu berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu video animasi DIBA (Dzikir Indah Bersama Asmaulhusna) serta pengaruh penggunaan video animasi DIBA dalam upaya meningkatkan hasil belajar asmaulhusna siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Desain and Development (D&D). Setelah melakukan uji coba, produk ini divalidasi oleh 1 guru wali kelas yang mendapatkan kualifikasi sangat baik dengan tingkat validasi 98% dan 20 siswa SD kelas VI SD IT Insan Mulia Maos dengan kualifikasi baik dan tingkat validasi 86,25 %. Tingkat validasi menunjukan hasil yang sangat baik dan perpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang selanjutnya akan berpengaruh pula terhadap hasil belajar siswa sehingga produk ini dinyatakan valid serta sesuai dengan apa yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EDUSAINTEK

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal pendidikan sains dan teknologi diterbitkan oleh STKIP PGRI Situbondo sebagai wadah bagi civitas akademika STKIP PGRI Situbondo serta kalangan guru, dosen, peneliti, praktisi dan pemerhati pendidikan yang peduli terhadap perkembangan penelitian tentang Teknologi pembelajaran, Media ...