Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 3, No 3 (2015): Junal Kreatif Tadulako Online

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SD Inpres Kalola Dalam Mengomentari Peristiwa Faktual Yang Terjadi di Sekolah Melalui Media Gambar

Hartati, Hartati ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2014

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SD Inpres Kalola, ditemukan bahwa kemampuan berkomentar siswa kelas V SD Inpres Kalola tersebut dikategorikan masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil semester I (satu) Tahun Ajaran 2011/2012 hanya 33% siswa yang tuntas belajar memenuhi KKM yang telah diterapkan sekolah yaitu 65, sedangkan sisanya 67% siswa berada dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media gambar di kelas V SD Inpres Kalola dengan jumlah siswa 18 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil observasi aktifitas siswa selama pembelajaran di dalam kelas dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil analisis tes belajar siswa setelah diberikan evaluasi akhir belajar. Hasil penelitian dari data yang didapatkan menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan mengomentari peristiwa faktual yang terjadi di sekolah. Terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal 61% pada siklus I dan 88% pada siklus II, terjadi peningkatan 17% dari siklus I ke siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengomentari peristiwa faktual yang terjadi di sekolah. Kata Kunci: Berbicara, Mengomentari peristiwa faktual, media gambar

Copyrights © 2015