Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 3 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas IV SDN 1 Palasa Kec. Palasa Kab. Parigi Moutong

Fatmawati, Fatmawati ( FKIP UNTAD)
Kapile, Charles (Unknown)
Imran, Imran (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2015

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Mengatasi masalah ini peneliti menerapkan pendekatan metode pemberian tugas sehingga di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Palasa dalam pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan alur perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, Observasi dan refleksi. Subyek penelitian dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 1 Palasa. Materi yang diajarkan pada siklus I yaitu Peta dan Kelengkapanya, dan untuk siklus II yaitu Kenampakan Alam. Pengumpulan data di lakukan dalam setiap siklus. Data yang di kumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan tiga cara yakni Tes, observasi,evaluasi. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu dari 20 orang siswa 13 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan persentase ketuntasan klasikal 65 % dan persentase daya serap klasikal 68 %, hasil ini sudah berada pada kategori cukup  baik  masih ada kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki. . Hasil yang diperoleh pada siklus II juga mengalami peningkatan, semua siswa mengalami ketuntasan belajar, dengan  persentase tuntas klasikal 100 % dan persentase daya serap klasikal 84 %. Nilai Rata-rata (NR) aktivitas guru pada siklus I termasuk kategori cukup dan siklus II sangat baik, serta NR aktivitas siswa pada siklus I cukup dan siklus II sangat baik. Berdasarkan indikator yang telah ditentukan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas penguasaan siswa terhadap materi terus meningkat yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Palasa. Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Pemberian Tugas, Pembelajaran IPS

Copyrights © 2016