Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

Analisis Pembelajaran Online Terhadap Kejenuhan Belajar Matematika Siswa

Qurrota A'yun (universitas muhammadiyah jember)
Dimas Anditha Cahyo Sujiwo (Universitas PGRI Argopuro Jember)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

AbstrakKejenuhan yang dirasakan oleh setiap siswa terhadap Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 perlu diperhatikan oleh setiap guru. Kejenuhan ini tentu berpengaruh terhadap proses belajar siswa. Penyebab kejenuhan belajar siswa perlu kita cari sebagai bentuk antisapasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran online. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan segala fenomenna atau peristiwa yang terjadi. Dalam pelaksanaan pembelajaran online, guru menggunakan aplikasi zoom dan Whatsapp sebagai media belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwaberdasarkan aspek kejenuhan belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa kegiatan/tugas padat, asupan/makan yang tidak tepat waktu, kelelahan fisik dan mental, faktor eksternal berupa tidak adanya perhatian/arahan penjelasan,,repetasi, dan motivasi . Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Faktor-faktor Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Gammath merupakan jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Jember tersedia gratis (open access) yang berisi tulisan ilmiah dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang matematika dan pendidikan ...