Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5, No 3 (2022): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS DALAM PENGEMBANGAN USAHA UMKM KAMPOENG BAWANG DI MASA PANDEMI

valma putri sabella (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang)
Rahmatul Hasanah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang)
Agung Winarno (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang)
Agus Hermawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sector yang terkena dampak dari adanya pandemic Covid-19. Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 membuat daya beli masyarakat mengalami penurunan, karena masyarakat banyak beralih melakukan pembelian secara online. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan bagi usaha yang terkena dampak Covid-19, khususnya UMKM Kampoeng Bawang yang baru berdiri di masa pandemi ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman usaha Kampoeng Bawang mengenai digital marketing melalui media social dan konten marketing, serta pentingnya legalitas untuk mempermudah dalam pengembangan usaha tersebut. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini yaitu tahap persiapan, penyusunan kegiatan, implementasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan penjualan dan brand awareness media social Kampoeng Bawang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...