Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bahasa ibu dalam pembelajaran dan keurgensian penggunaan bahasa ibu dalam pembelajaran, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi, untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara semi-struktural, dan dokumentasi kepada 14 partisipan sebagai sampel. Selanjutnya, penelitian ini tentang bahasa ibu yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, peneliti menunjukan bahwa guru dan siswa mengunakan bahasa ibu dalam lingkungan sekolah, diluar pembelajaran dan dalam pembelajaran (apersepsi, eksplorasi, evaluasi tindak lanjut dan penutup). Faktor-faktor yang melandasi keurgensian bahasa ibu dalam kegiatan pembelajaran yaitu, (1) bahasa ibu dianggap sebagai sarana pengembangan karakter siswa. (2) Geografis. (3) Kebiasaan. (4) Adanya persepsi guru dalam penggunaan bahasa ibu dikelas sebagai strategi guna menarik perhatian siswa, memudahkan penyerapan materi bagi siswa. (5) Kemudahan. (6) Hasil, dengan :(a) meningkatan rasa percaya diri siswa dalam kegiatan belajar. (b) Meningkatkan kemampuan berbicara siswa. (c) Memberikan siswa kemudahan dalam memahami materi pelajaran. (d) Menjadikan siswa berperan aktif dalam pembelajaran, dan (e) memberikan rasa nyaman terhadap siswa sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih kondusif, dimana guru dan siswa saling memberikan umpan balik dalam kegiatan pembelaran
Copyrights © 2021