Pendidikan saat ini perlu mendapat perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat, agar mutu pendidikan di Indonesia dapat bersaing dengan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan, perlunya memperbaiki aktivitas belajar siswa dengan harapan dapat berdampak baik pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tahapan pada tiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dimulai dengan tahapan pra siklus, selanjutya dilaksanakan siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 MAN 7 Jombang sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru, yang dilakukan dengan cara mengamati guru dan siswa selama pelaksanaan metode pembelajaran demonstrasi pada saat mengajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dengan melihat perbandingan data siklus I dan siklus II
Copyrights © 2019