Jurnal Agriuma
Vol 4, No 1 (2022): Jurnal Agriuma April

ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BENIH KELAPA SAWIT BERSERTIFIKAT (Studi Kasus: Desa Lubuk Jawi Kabupaten Rokan Hilir, Riau)

Feni Dita Azhari (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Perkebunan tanaman kelapa sawit merupakan sumber penghasilan utama dari sebagian besar masyarakat Desa Lubuk Jawi. Namun penggunaan benih yang tidak tepat menyebabkan produktifitas kelapa sawit yang ditanamĀ  tidak maksimal bahkan tidak menghasilkan sama sekali. Banyak petani yang masih menolak untuk menggunakan benih bersertifikat dan tetap menggunakan benih liar meskipun sudah mengetahui resiko akan gagal. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat kepuasan danĀ  loyalitas konsumen terhadap penggunaan benih kelapa sawit. Melalui kepuasan dan loyalitas petani dalam menggunakan benih kelapa sawit diharapkan produsen maupun pemerintah mengetahui gambaran terhadap keinginan petani dalam penggunaan benih kelapa sawit. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 95 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Piramida Loyalitas. Kepuasan dianalisis dengan menggunakan Important Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfied Index (CSI). Sedangkan loyalitas konsumen dianalisis dengan menggunakan piramida loyalitas Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel 2010 dan SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriuma

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agriuma is a journal that discusses the scope of business-based agriculture or other fields that support it, both in the upstream and downstream sectors. The term "upstream" and "downstream" refers to the main view that agribusiness works in the food supply chain. Agribusiness, in other ...