PeTeKa
Vol 5, No 2 (2022): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 2 TELUK JAMBE TIMUR

Lulu Aulia (Universitas singaperbangsa karawang)
Hinggil Permana (Universitas singaperbangsa karawang)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Manajemen adalah suatu usaha pengelolaan yang diupayakan oleh seorang ketua dalam suatu organisasi untuk mengatur, mengarahkan, dan memberikan motivasi untuk tercapai tujuan bersama sebagaimana yang telah di tetapkan terlebih dahulu. Dengan demikian fungsi dari manajemen ini sendiri ialah untuk menkondusifkan setiap pergerakan, usaha, serta proses kegiatan agar efektif serta optimal dalam perealisasian kebijakan yang telah di sepakati bersama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Begitupun dalam kelas, seorang guru bukan hanya saja di tuntut untuk dapat mampu menyampaikan materi yang di kuasainya, namun keberhasilan seorang guru tidak dapat diukur dari hal tersebut saja namun bagaimana seorang guru mampu untu mengelola kelas agar materi yang di berikan dapat tersampaikan dengan baik sehingga memberikan peningkatan fokus belajar pada siswa yang berimbas pada hasil belajar yang efektif. Manajemen kelas merupakan upaya dari sebagian upaya guru untuk memberikan hasil belajar yang lebih optimal. Manajemen kelas yang di lakukan oleh seorang guru bukan saja hanya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan akan tetapi dapat memotivasi siswa secara external untuk membentuk motivasi internal pada diri siswa karena pembawaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ini dapat menarik siswa untuk giat dalam melakukan pembelajaran. Namun tidak semua guru dapat mengelola kelas untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan memberikan motivasi belajar pada siswa. Untuk itu permasalahan yang terjadi pada penelitian ini ialah bagaimana seorang guru dapat mengelola serta memanajemenkan kelas sehingga membuat anak lebih terfokus dengan proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Melalui penggunaan metode penlitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...