NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 5 (2022): NUSANTARA :Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PAGUYUBAN PENGUSAHA WARGA KUNINGAN (PPWK) SEBAGAI PELOPOR WARUNG KOPI (Studi Etnografi Komunikasi Paguyuban Pengusaha Warga Kuningan di Desa Puseurjaya, Kabupaten Karawang)

Fajar Ramadhan (Prodi atau Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ,Universitas Singaperbangsa Karawang)
Mayasari Mayasari (Prodi atau Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ,Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ana Fitriana Poerana (Prodi atau Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ,Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Paguyuban Pengusaha Warga Kuningan (PPWK) merupakan suatu wadah bagi warga Kuningan yang berjualan atau berdagang sepert warung kopi, warung kelontong, burjo, dan warung nasi diberbagai daerah di Indonesia.Tujuan utama paguyuban ini untuk menyatukan warga Kuningan dalam memiliki profesi yang sama, yaitu berdagang, selain itu juga sebagai tanggung jawab sosial sesama warga Kuningan yang dalam menjaga tradisi secara turun menurun, menjelaskan bagaimana bentuk komunikasi kelompok yang dilakukan anggota PPWK dalam menjaga keberlangsungan usaha sesama masyarakat Kuningan. Dalam penelitian ini menjelaskan bahwa solidaritas sosial yang dilakukan sebagai proses dan kegiatan komunikasi kelompok serta manfaatnya bagi keanggotaan PPWK dalam berkelompok dan menjalankan suatu usaha. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan etnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi tanpa partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi penelitian ini berasal dari empat informan, informan utama ialah anggota PPWK yang berada di sekitar kampus, khusunya Desa Puserjaya, Kabupaten Karawang. Pesan utama pada penelitian ini untuk menjaga kesatuan kelompok, dan rasa solidaritas sosial dengan saling mengeratkan satu sama lain di daerah perantauan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...