Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton
Vol. 7 No. 4 (2021): Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton

Hubungan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Muhamad Nur Intan Ode (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Hasil belajar terkait dengan sistem penilaian seorang guru, yang tentunya harus dipahami dan dilaksanakan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar IPS dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner, serta dokumentasi yang dianalisis deskriptif statistik. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji linieritas regresi. Dalam pengujian hipotesis meliputi uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antaya hasil belajar mata pelajaran IPS dengan motivasi belajar siswa dengan nilai klasifikasi hasil belajar sebesar 41,67% dengan nilai korelasi sebesar 0,754 dan sig. sebesar 0,000>0.05, dengan kualifikasi motivasi belajar siswa sebesar 62.5%, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar pada mata pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pencerah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton seeks Review articles, Case reports and original contributions from all areas of: Social Science and Humanities: Arts and Humanities, Business Management, Hotel Management, Management, Tourism, Accounting, Decision Science, Education, ...