JURNAL BIOSHELL
Vol 11 No 1 (2022): April

Penerapan Media Komik Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Nurul Ulum Mayang

affin kamil (Unknown)
Haning Hasbiyati (universitas islam jember)
Benny Afandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media komik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs. Nurul Ulum Mayang  dengan responden yang diteliti sebanyak 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisa data ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang mulanya sebelum diterapkan media komik diperoleh nilai 50% dan ketuntasan klasikal 73,45. Dengan diterapkannya media komik pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan mencapai rata-rata 79,65 dengan ketuntasan klasikal 65% dan siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata 87,35 dengan ketuntasan klasikal 90%.Seluruh kelas dikatakan tuntas secara klasikal jika persentase yang dicapai sekurang-kurangnya 75%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan penerapan media komik materi klasifikasi makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Mayang.   Kata kunci : media pembelajaran komik , hasil belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIO

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Bioshell bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, selain ujian kritis kemajuan penelitian, pengajaran, pembelajaran biologi, Biologi, dan Pembelajaran IPA. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan kurikulum, hasil ...