Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Vol 2 No 2 (2021): Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)

Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan bagi anak Tunagrahita Ringan Kelas III di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kediri

Rita Tri Idawati (Panti Asuhan Bhakti Luhur Kediri)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III dengan kemampuan yang sangat rendah. Dengan penggunaan media kartu kata bergambar ini diharapkan anak dapat dengan lancar dalam membaca permulaan. Melihat kemampuan membaca anak tunagrahita kelas III di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kediri sangatlah kurang sehingga dengan penggunaan media kartu kata bergambar ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design (treatment by subject design). Populasi penelitian ini adalah anak Tunagrahita ringan kelas III di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kediri yang berjumlah 3 anak. Penelitian ini merupakan penelitian populasi.sehingga semua siswa kelas III SDLB sampel dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data untuk mengetahui kemampuan membaca anak tunagrahita ringan kelas III ini berupa tes lisan dan tes tertulis yang teruji validitas dan reabilitasnya.Untuk menguji hipotesisnya menggunakan data uji, dengan uji-t. Uji statistik menggunakan paired samples test menunjukkan nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau thitung 3,413 > ttabel 3,182 artinya Ha diterima dan H0 ditolak atau ada pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan kelas III di Panti Asuhan Bhakti Luhur Pohsarang Kediri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

special

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal merupakan jurnal open access yang dapat di akses oleh umum. Jurnal ini menerapkan peer review sebelum artikel akan diterbitkan, hal ini untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang akan dipublikasikan. SPECIAL : Special and Inclusive Education ...