JASc (Journal of Agribusiness Sciences)
Vol 5, No 2 (2022): "JASc" JOURNAL OF AGRIBUSINESS SCIENCES

Analisis Pemasaran Jeruk Siam Madu (Citrus Nobilis) (Studi Kasus: Desa Bukit, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo)

Reyza Suwanto Sitorus (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model saluran pemasaran jeruk, menentukan biaya pemasaran Jeruk, menganalisis margin pemasaran jeruk siam madu, dan menganalisis efektivitas penjualan jeruk siam madu di Desa Bukit Kecamatan Dolat Rakyat Kabupaten Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Studi Kasus, yang meliputi metode analisis data menggunakan share margin, efisiensi pemasaran, dan Margin Pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 saluran pemasaran jeruk siam madu. Saluran pemasaran I petani - konsumen akhir, dengan share margin 100% dan saluran pemasaran II petani - pedagang - konsumen akhir, margin keuntungan pemasaran Rp. 3.500 ekor/kg dengan margin keuntungan 73,07% dan efisiensi pemasaran 6,6%. Saluran pemasaran ketiga adalah Petani - Pedagang, pengumpul - Pedagang, pengecer. - Konsumen Akhir dengan Margin Pemasaran Rp. 2.000/kg dan margin prmasaran dipengencer, seharga Rp. 3000/kg dengan Share Margin 61,53% dan efisiensi pemasaran 10,2%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JASc

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

"JASc" JOURNAL OF AGRIBUSINESS SCIENCES adalah publikasi ilmiah yang diterbitkan dua kali dalam setahun untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ataupun review yang dirancang sebagai sarana komunikasi untuk para ilmuwan/peneliti yang terkait dengan bidang Agribisnis dan Sosial Ekonomi ...