Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2017): Maret 2017

PENGARUH CYBERTHERAPY TERHADAP PENGEMBANGAN AKTUALISASI DIRI REMAJA KELAS XI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Gede Nugraha Sudarsana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara intervensi Cyber-therapy, verbal-base therapy, dan konvensional therapy terhadap peningkatan kebutuhan aktualsasi diri pada siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Data Self-Actualization dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala SASNA (self actualization scale of need assessment). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian “Pre-test Post-test Non Equivalen Control Group Design” yakni penelitian yang menggunakan  intact group atau kelas, dengan metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians satu jalan (Anava A). Berdasarkan hasil analisis ditemukan, perbedaan pengaruh antara intervensi Cyber-therapy, dengan intervensi verbal-base therapy, dan dengan intervensi konvensional therapy terhadap peningkatan kebutuhan aktualsasi diri pada siswa SMA Negeri 1 Singaraja. Selanjutnya dengan analisis uji t-scheffe didapatkan bahwa intervensi Cyber-therapy paling efektif pengaruhnya terhadap peningkatan kebutuhan aktualisasi diri siswa SMA Negeri 1 Singaraja.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...