International Journal of Elementary Education
Vol 1 No 1 (2017): February

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA ROTATION POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ketut Suarni (Universitas Pendidikan Ganesha)
Komang Ari Sulasih (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V semester II SD No 2 Penarukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dan medai Rotation Point. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Data penelitian ini akan dianalisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang menunujukkan dinamika proses dan untuk mendeskripsikan berbagai dinamikaperkembangan dan peningkatan yang terjadi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan pada siklus I didapatkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 54% dari semula pada tes awal sebesar 29% dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 75%. Hal ini dikarenakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) dan media Rotation Point. Implikasi dari penelitian ini bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran IPA. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...