Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 1 (2022): April

Strategi Pengajaran dan Penyusunan Soal Mahasiswa Praktikum Prodi Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Daring

P. S. Astuti (Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia)
I. K. Wardana (Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Mahasiswa yang praktikum menerapkan strategi pengajaran dan penilaian dalam pembelajaran  daring harus memahami aspek pengetahuan isi, pengetahuan mendidik, dan teknologi. Penelitian ini menganalisis strategi pengajaran dan penyusunan soal mahasiswa praktikum prodi bahasa Inggris dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan ancangan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian yaitu 30 mahasiswa praktikum dalam program PLP prodi pendidikan bahasa Inggris di enam sekolah SMP. Instrumen yang digunakan berupa lembarana pengamatan, checklist, kuesioner, dan soal tanya jawab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa praktikum sangat berprestasi menggunakan strategi pengajaran kontekstual, tetapi cukup berprestasi dalam penerapan strategi pembelajaran koperatif, berbasis masalah, ekspositori, dan inkuiri. Dari aspek penilaian, soal yang disusun mahasiswa sudah memenuhi kreteria administratif, konten, dan performa, yaitu layak kaidah, layak fungsi, dan layak penyajiannya. Pemilihan platform pembelajaran telah memenuhi kreteria keterjangkauan, kesesuaian, dan efesiensi. Dengan demikian, pengetahuan bahasa, metode pengajaran bahasa, dan penggunaan teknologi menjadi kunci sukses dalam pengajaran daring. Penerapan strategi kontekstual dapat membangun imaji dan konsep bahasa yang hakiki yaitu konteks, baik konteks situasi maupun konteks budaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...