Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah mengenai pelayanan jasa Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah nasabah Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik yang berjumlah 213 nasabah pada akhir tahun 2017. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 69 nasabah. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu proportional sampling. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisa regresi berganda, analisis tabel silang dan uji hipotesa dengan rumus koefisien korelasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh regresi berganda variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar dari pada nilai F tabel yaitu 20,618 > 3,98 dengan tingkat signifikan F yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Gresik. Dengan ini, kesimpulan hasil penelitian menunjukkan data-data yang telah diperoleh, sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu dari kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah mempunyai pengaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa di Koperasi Bina Syariah Ummah Wadeng Sidayu Gresik.
Copyrights © 2018