Rang Teknik Journal
Vol 5, No 2 (2022): Vol. 5 No. 2 Juni 2022

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN TERMINAL BANDARA APT PRANOTO SAMARINDA

Pitoyo Pitoyo (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Santi Yatnikasari (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Sugiyono Sugiyono (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)
Niswatun Arifah (Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Bandara APT Pranoto merupakan Bandara yang dikelola oleh Kemenhub dan terletak di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Aspek Pelayanan menjadi prioritas dalam penyelenggaraan jasa  penerbangan. Kualitas Pelayanan yang disediakan oleh pengelola penerbangan kepada penumpang pengguna jasa angkutan udara adalah hal yang sangat penting dalam menunjang keamanan, keselamatan dan kenyamanan penerbangan sehingga terciptanya suasana kegiatan jasa pelayanan yang prima. Untuk terciptanya pelayanan tersebut diperlukan fasilitas dan pelayanan yang memadai sesuai dengan kemampuan operasi bandara dalam menunjang penumpang.Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara, maka perlu diukur terkait tingkat kepuasan penumpang dan penilaian pelayanan penyelenggara jasa penerbangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan terkait fasilitas dan juga survey kuesioner untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang dengan menggunakan Importance and Performance Analysis (IPA) serta mengevaluasi pergerakan penumpang dalam terminal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RANGTEKNIKJOURNAL

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

RANG TEKNIK JOURNAL, merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang terbit 2 (dua) kali dalam ...