Penelitian ini berjuan untuk mengetahui Upaya pengembangan usaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh dalam bidang produksi, pemasaran, dan kemampuan beradaptasi dengan pasar yang dilakukan oleh pengusaha kerajinan bordir di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode survey, dan penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Aceh Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Metode penelitian yang digunakan dalam penlitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam pengembangan produk, pengusaha ekonomi kreatif kerajinan bordir Aceh selalu melakukan inovasi dalam menciptkan produk baru dan melakukan pengontrolan terhadap kerapian bordir juga kualitas barang. (2) Selanjutnya dalam bidang promosi dan pemasaran, pengusaha melakukan kegiatan promosi barang secara online melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Promosi juga dilakukan dengan cara mengikuti bazar, pelatihan dan pameran yang dilaksanakan oleh berbagai instansi baik pemrintah maupun swasta. (3) pada pengembangan kemampuan dalam beradaptasi dengan pasar, pengusaha mampu menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Pengusaha mampu menciptakan produk yang kreatif dan inovatif juga bersifat kekinian, misalnya tas bola atau round bag, alas meja motif bordir Aceh, dan kotak hantaran yang bermotif bordir Aceh.
Copyrights © 2016