Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Vol 9 No 1: Februari 2020

Evaluasi Penggunaan Aplikasi Point of Sale Menggunakan Technology Acceptance Model pada UMKM

Evasaria Magdalena Sipayung (Institut Teknologi Harapan Bangsa)
Cut Fiarni (Institut Teknologi Harapan Bangsa)
Wawan (Institut Teknologi Harapan Bangsa)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2020

Abstract

Aplikasi Point of Sales (POS) pada UMKM digunakan sebagai tools untuk membuat data penjualan. La Fresa Farm merupakan salah satu UMKM yang menggunakan aplikasi POS Intuit QuickBooks Enterprise 2015. Selama aplikasi ini diterapkan, pengguna membutuhkan waktu interaksi yang cukup lama. Melihat permasalahan tersebut, dibutuhkan tools untuk mengevaluasi penggunaan aplikasi. Pada makalah ini, model evaluasi yang digunakan adalah Technology Acceptance Model (TAM). TAM menggambarkan variabel ease of use dan usefulness sebagai variabel pengukur pertama yang memengaruhi variabel lainnya hingga variabel actual to use. Variabel ease of use menjelaskan kemudahan dari sisi waktuinteraksi dan model yang mengukur waktu interaksi ini adalah Keystroke Level Model (KLM). Variabel usefulness menjelaskan kegunaan aplikasi dari sisi penyediaan informasi yang memberikan attention pada pengguna dan diukur dengan model kognitif. Pada makalah ini, terdapat variabel tambahan selainmodel TAM, yaitu self-efficacy, timeliness, dan complexity. Pengujian dilakukan pada aplikasi POS Intuit QuickBooks Enterprise 2015, Moka, Pawon, dan Olsera. Hasil pengujian KLM menunjukkan waktu tercepat yaitu 89,8 detik dan hasil evaluasi TAM pada Moka menunjukkan hasil respons variabel actual to use memiliki respons positif sehingga minat pengguna menggunakan Moka cukup tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JNTETI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

Topics cover the fields of (but not limited to): 1. Information Technology: Software Engineering, Knowledge and Data Mining, Multimedia Technologies, Mobile Computing, Parallel/Distributed Computing, Artificial Intelligence, Computer Graphics, Virtual Reality 2. Power Systems: Power Generation, ...