Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa aktivitas gerakan lompat jauh siswa yang tidak dapat mengayunkan atau menggerakakan lengan ke depan-belakang secara konsisten, serta sudut dari sikut yang ditekuk terlalu kecil atau < 60 derajat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis gerak lompat jauh pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rahman Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 22 orang berjenis kelamin laki-laki, sedangkan objek penelitian berupa sikap pelaksanaan melakukan gerakan melompat. Data diperoleh dengan teknik lembar observsai (chect list). Data hasil observasi dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian diperoleh gerak lompat jauh pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rahman Palembang sebesar 79,5% tergolong baik, yang terdiri 6 siswa (27,3%) dikategorikan sangat baik, 11 siswa (50,0%) tergolong baik, 3 siswa (13,6%) dikategorikan cukup, dan 2 siswa (9,1%) dikategorikan kurang.
Copyrights © 2022