UMKM Zhibond Coffee merupakan sebuah usaha kopi yang terletak di perumahan Milenia blok E-26 kecamatan Kaliwates kabupaten Jember. Usaha ini memproduksi berbagai macam kopi salah satunya adalah kopi luwak yang merupakan produk unggulan dari UMKM Zhibond Coffee. Selama masa pandemi covid-19, UMKM Zhibond Coffee mengalami penurunan penjualan. Disamping itu terdapat kendala pemasaran diantaranya belum maksimalnya strategi pemasaran, sistem pembayaran klien yang masih molor, dan adanya pesaing usaha sejenis. Hal ini menjadi latar belakang untuk melakukan penelitian mengenai strategi pemsaran yang tepat untuk kemajuan UMKM Zhibond Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dalam strategi pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember, 2) Menetapkan alternatif strategi pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember, 3) Menentukan prioritas strategi pemasaran kopi pada UMKM Zhibond Coffee di Kabupaten Jember. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan pada penelitiana ini adalah analisis SWOT dan metode QSPM yang digunakan untuk mengetahui strategi yang tepat pada UMKM Zhibond Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan pada sel V dan prioritas strategi yang diterapkan adalah menjaga kualitas dan stabilitas bahan baku agar produk dapat bersaing.
Copyrights © 2021