Journal of Design
Vol. 2 No. 1 (2022): Viswa Design: Journal of Design

STRATEGI DAN PENERAPAN DESAIN KONTEN MARKETING DI INSTAGRAM SEBAGAI BRAND AWARENESS JEALOUS BEAUTY SOLUTION

Gusti Ayu Nyoman Santhi Kumari Pusya Dewi (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Alit Kumala Dewi (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)
Agus Ngurah Arya Putraka (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Sosial media Instagram yang semula ditujukan sebagai aplikasi berbagi foto dan video antar pengguna kini semakin bergeser karena dimanfaatkan untuk mengiklankan suatu produk/jasa. Hal tersebut didasari oleh peningkatan penggunaan Instagram yang semakin pesat kian harinya sehingga dijadikan suatu peluang oleh pelaku bisnis yang sudah besar maupun baru merintis usaha. Instagram menanggapi fenomena tersebut yang dibuktikan dengan peningkatan fitur untuk mendukung pemasaran. Namun kebanyakan pelaku usaha tidak selalu menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram. Mereka lebih fokus mengunggah dalam bentuk foto dan konten produk/jasa saja. Banyak perintis usaha melakukan metode penjualan produk/jasa secara terus menerus. Padahal dalam dunia pemasaran, menjual tidak harus selalu menawarkan produk/jasa secara terus menerus untuk menyadarkan merek dalam benak konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dikaji dengan teori elemen-elemen visualisasi konten, serta teori yang berkaitan dengan pemasaran suatu konten. Melalui observasi, wawancara, partisipasi, dokumentasi, dan studi literatur diharapkan mampu menjelaskan strategi serta penerapan desain konten pemasaran yang tepat di Instagram sebagai upaya menyadarkan merek suatu usaha terhadap konsumen. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa strategi dan penerapan desain pemasaran melalui konten Instagram yang tepat ialah menciptakan konten yang shareable dengan membaca segmentasi pasar serta memenuhi kriteria visual dari suatu konten berdasarkan target pemasaran produk tersebut. Diharapkan mampu menciptakan kesadaran akan merek Jealous Beauty Solution dalam benak konsumen secara perlahan melalui desain konten Instagram.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

viswadesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Viswa Design adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Desain Program Magister, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar. Jurnal ini sebagai wahana untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan karya ...