Journal of Design
Vol. 2 No. 1 (2022): Viswa Design: Journal of Design

PERBANDINGAN REPRESENTASI ZOMBIE PADA FILM AMERIKA-INGGRIS PRIDE AND PREJUDICE AND ZOMBIES ( 2016) DAN FILM KOREA KINGDOM : ASHIN OF THE NORTH (2021)

Ameerakhaiya Syamsuar (Desain Komunikasi Multimedia , Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung)
Dianing Ratri (Desain Komunikasi Multimedia , Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung)
Fathima Assilmia (Desain Komunikasi Multimedia , Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan mengetahui bagaimana perbandingan representasi zombie pada film Amerika-Inggris Pride and Prejudice and Zombies (2016) dengan Film Korea Kingdom : Ashin of The North (2021) yang diharapkan dapat memberikan ilmu dan informasi yang bermanfaat mengenai bagaimana menuangkan suatu tema terutama zombie dikombinasikan dengan budaya dan genre tertentu. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif analisis komparatif dengan menggunakan teori Sastra Bandingan dan teori Manga Matrix. Hasil analisis menjunjukkan bahwa kedua film memakai tema yang sama tetapi dengan pembawaan yang berbeda satu sama lain. Salah satu faktor penyebabnya adalah kebudayaan dari negaranya masing-masing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

viswadesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Viswa Design adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Desain Program Magister, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Denpasar. Jurnal ini sebagai wahana untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan karya ...