PASAI
Vol 7, No 1 (2013)

Pengeruh Tingkat Kecerdasan Anak Usia Dini Dengan Penerapan Sekolah Alam Bagi Usaha Pengentasan Buta Huruf Di Gampong Pusong

Kasim, Fazri M (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2013

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan hasil dari Penelitian yang mengkaji tentang pengaruh tingkat kecerdasan anak usia dini dengan penerapan Sekolah Alam Bagi Pengentasan Buta Huruf Di Gampong Pusong Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam. Dengan mendapatkan  beberapa indikator di dalam Sekolah Alam membuat anak tidak terpaku hanya pada teori saja. Namun mereka dapat mengamati dan mengalami langsung pengetahuan yang mereka pelajari di Alam secara langsung dengan berinteraksi dari lingkungannya. Dari penelitian ini nantinya akan membantu untuk menggambarkan metode anak dalam belajar terhadap kemampuan cepat membaca sehingga tidak buta huruf lagi. Hasil penelitian ini dapat diambil beberapa analisa secara deskriptif melaui hasil wawancara mendalam para informan, bahwa proses pembelajaran model sekolah Al Azhar di Pusong Lhokseumawe memiliki karateristik tersendiri dan tantangan tersendiri, kehadiran sekolah alam Al Azhar memberi kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca anak-anak usia dini di Pusong dikarenakan penerapan sistem pembelajaran yang sesuai dengan kondisi alam setempat. Walaupun demikian peneliti menemukan juga masih banyak kendala yang dihadapai Sekolah Alam Al Azhar dalam menjalankan konsep sekolah alamnya dikarenakan kondisi sosial masih sangat belum menyatu dengan oreientasi pendidkan masa depan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PASAI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pasai diterbitkan dengan tujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmu sosial, hukum dan ekonomi. Publikasi ini adalah hasil Penelitian dan bukan hasil ringkasan dari buku maupun literatur-literatur yang berasal dari publikasi ...